VISI dan MISI

Visi

Visi BPMK Kota Depok merupakan visi yang dirumuskan dalam upaya memecahkan masalah pada 4 (empat) urusan pemerintahan dan untuk melaksanakan visi Kota Depok yang termuat dalam RPJMD Kota Depok 2011-2016 yaitu “Terwujudnya Kota Depok Yang Maju dan Sejahtera”. Berdasarkan analisis potensi yang dimiliki maka visi Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga Kota Depok adalah :

“Masyarakat Berdaya, Berkualitas dan Responsif Gender”

Visi tersebut mencerminkan harapan untuk mewujudkan masyarakat Depok yang berdaya dan kesetaraan gender,  yang dapat dijelaskan sebagai berikut :

”Masyarakat Berdaya”  adalah kondisi masyarakat yang memiliki kemampuan dan kemandirian untuk meningkatkan taraf hidupnya dan berpartisipasi dalam pembangunan.

”Masyarakat Berkualitas” berarti masyarakat yang terbentuk dari kumpulan-kumpulan keluarga yang bercirikan sejahtera, sehat, maju, mandiri, memiliki jumlah anak yang ideal, berwawasan kedepan, bertanggungjawab, harmonis dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

”Responsif Gender”  adalah persamaan kondisi bagi laki-laki dan perempuan untuk memperoleh kesempatan dan hak-haknya sebagai manusia, agar mampu berperan dan berpartisipasi dalam kegiatan politik, ekonomi, sosial budaya, pertahanan dan keamanan nasional, dan kesamaan dalam menikmati hasil pembangunan tersebut.

Misi

Misi adalah sesuatu yang harus dilaksanakan instansi sebagai penjabaran visi yang telah ditetapkan. Dalam upaya pencapaian visi tersebut maka Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga menjabarkan dalam misi, yaitu :

  1. Menggerakan partisipasi masyarakat dalam pembangunan
  2. Meningkatkan kualitas hidup perempuan dan anak
  3. Meningkatkan kualitas pelayanan Keluarga Berencana dan Keluarga Sejahtera
  4. Meningkatkan ketahanan pangan masyarakat
  5. Meningkatkan sumber daya aparatur

Urusan Wajib

Urusan Wajib yang dilaksanakan BPMK Kota Depok adalah :

  1. Urusan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak
  2. Urusan Keluarga Berencana dan Keluarga Sejahtera
  3. Urusan Ketahanan Pangan
  4. Urusan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa

Keempat urusan tersebut dijabarkan menjadi 11 Program yang tertuang di dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kota Depok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *